SEBERAPA PENTINGKAH WIDGET FOLLOWER?


Follower tentunya sobat semua pasti sudah tahu tentang fitur google yang satu ini. Beberapa waktu yang lalu saya pernah berdebat tentang Seberapa pentingkah widget follower dengan salah seorang sobat saya Randy pemilik blog Yang Penting Share. Dan disini saya akan menjelaskan tentang pendapat saya yang pada saat itu belum saya tuntaskan.

Sebelum saya menerangkan tentang pendapat saya, saya akan memberikan beberapa pendapat dari sobat-sobat saya yang sore tadi juga membicarakan tentang hal yang sama.


[Klik gambar untuk memperjelas]


Dan inilah pendapat dari sobat saya Randy, yang sudah di posting beberapa waktu yang lalu pada blog nya Yang Penting Share


[Klik gambar untuk memperjelas]


Pendapat saya :

* Widget follower tidak berperan penting hanya sebuah pajangan malah bisa di bilang hanya membuat blog berat, dan kalau dilihat dari blog nya blogger professional memang sangat langka sekali ada nya widget ini apalagi blogger luar negeri. Namun semua itu kembali pada pendapat kita masing-masing

 Randy berpendapat pada no. 1, katanya widget follower adalah sumber trafik
Pendapat Saya : Sumber trafik sebagian besar berasal dari kegiatan Blogwalking, dan link-link yang tercantum pada buku tamu/form komentar, jarang sekali seorang blogger mengunjungi blog temannya melalui follower, ujung-ujung nya paling loncat-loncat dari link-link buku tamu.

Pendapat yang no. 2, katanya bentuk keeksisan kita didunia maya
Pendapat Saya : Mungkin bisa kita eksis dengan adanya follower, namun sayangnya banyaknya followers blog kita (2000 misalnya) itu di dapat bukan secara alami orang-orang tersebut benar memfollow, tapi karena tuker-tukeran aja, coba ngga tuker-tukeran follow paling yang follow sepi.
+ Randy juga bilang katanya master Ladida aja pake widget follower, Ya.. kalau masalah di banding-bandingkan sih coba lihat senior master Kang Rohman apa blognya munculin widget follower??

Pendapat no. 3, mempermudah blogwalking
Pendapat Saya : Jujur waktu pertama kali saya ngeblog saya pake widget follower, ngga pernah saya blogwalking dari widget follower, paling juga ujung-ujung nya buku tamu lagi, sama link sobat-sobat saya yang ada di blog ini.

Pendapat no. 4, mempererat rasa persaudaraan sesama blogger katanya
Pendapat Saya : Biasanya orang yang abis follow, kebanyakan lupa abis gitu ngga dateng-dateng lagi menghilang begitu aja, paling cuma sedikit yang masih berkunjung (apa itu yang namanya mempererat persaudaraan?)


Jadi kesimpulan dari pendapat saya adalah bahwa Widget follower tidak berperan penting dalam sebuah blog, widget follower hanyalah sebuah pajangan supaya orang lain melihat bahwa blog kita di ikuti banyak orang (padahal itu ngga secara alami).

Saya juga pernah baca di blog seseorang yang isinya : "Buat apa disesali cuma gara-gara widget follower yang hilang? apakah widget itu bisa menaikan trafik? bisa membuat seorang advertiser tertarik untuk pasang iklan diblog kita yang pengikutnya banyak?"
Dan percaya ngga percaya semakin lama sobat ngeblog, semakin banyak sobat tahu design blog-blog diluar negeri sana, maka sobat pasti bakal ngelepas yang namanya widget follower. Bahkan blog Yang Penting Share sekarang pun sudah tidak pakai widget follower lagi, dia cuma menampilkan link follow nya saja. Hmm... kenapa ya?

Oke mungkin segitu saja pendapat dari saya, posting ini tidak ada maksud untuk menyinggung/menjatuhkan seseorang/kelompok tertentu, tujuan saya hanyalah memberikan penjelasan tentang pendapat saya yang belum saya tuntaskan tentang seberapa pentingkah widget follower, namun semua kembali pada diri dan pendapat kita masing-masing.

Jika sobat semua tidak setuju, atau ingin mengkritik pendapat saya silahkan salurkan kritikan sobat pada komentar dibawah ini.

Comments for this entry

NFS Reload

@For admin:
terus baiknya ikut yg mana nih gan :)
pakai follow, apa gak usah pakai widged Follow, kayaknya aq baca baris perbaris di atas, emang agaknya semakin memberatkan aja itu widgedfollow, dan kayaknya juga , yang namanya banyak follow, bukan berrti blog kita banyak penggemarnya,
kalw juragan pilih yang mana? kayaknya kita ubeg :D Blog ini g ada KOTAK Follow NYA :D:D:D

NFS Reload

@For admin:
mmm.... !! hr ini masih banyak yg minta Follow ke blog ane,
:D Klw difikir2 emang betul , semakin kita banyak posting, semakin banyak Follow, dan Foto yg nampil , kayaknya emang semakin berat load Blog :-? kapan ya aq hapus widged Follow ku :D harus cari hari yang bagus nih :D

Anonim

@ NFS Reload : Iyyaa.. betul sob widget follower memang akan menambah berat sebuah blog apalagi kalo foto-foto yang ditampilkan banyak. Yap 2poin ente dapat, banyaknya pengikut bukan berarti banyak penggemar blog kita, karena kita tahu kebanyakan blogger tuker-tukeran follow bukannya blog itu diikuti secara alami dari hati nurani.
Kalau ane, sudah ane buang jauh2 sejak dulu widget follower ini.
bukan cuma ngga nampilin, tp blog ane juga ngga bisa di ikuti karena menurut ane sudah ada feed yang lebh baik. :D

Anonim

@ NFS Reload : Yuup.. cari lah waktu yang bagus sob.. kalau bisa pas ngga ada orang yang follow. tp disini ane ngga memaksa ente buat buang widget follower sob kya ane sob. haha
tp kalo itu maunya ente yaudhh mudah2 tindakkan ente tidak disesali dikemudian hari :)

Semuanya kembali kepada diri kita masing2