KEBODOHAN BLOGGER DALAM MELAKUKAN COPY PASTE


Copy Paste atau biasa juga di sebut dengan copas adalah kata-kata yang sangat tidak asing didengar oleh telinga kita apalagi dalam dunia blogging. Setelah geram dengan kelakuan copaser sejati yang banyak menjiplak postingan-postingan saya akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel ini, agar orang-orang itu tersadar kalau mereka sedang berada dalam jurang kebodohan.

Copaser : Ahh.. gan buat apa mentingin konten cape2 ngetik merangkai kata?! gue sih lebih suka yang instan-instan aje.. yang penting sih earing adsense gue lancar..
Anti Copaser : Iya.. ane juga tidak munafik dengan yang namanya duit, tapi saran ane lebih baik jauhi copy paste karena copas akan membuat anda seperti ini :

1. Semakin Bodoh
Seseorang yang selalu melakukan copy paste akan membuat dirinya semakin bodoh karena dia tidak pernah menggunakan otaknya untuk berfikir dan membiarkan otaknya lumpuh karena dibatasi kerja oleh si pemiliknya, jelas ini sangat merugikan untuk dirinya sendiri.

2. Membuat Blog anda berjalan ditempat 
Membuat Blog sobat akan selalu berjalan ditempat sulit untuk berkembang karena kontennya hanya itu-itu saja membuat para pembacanya bosan dan cepat-cepat menekan tombol "x" pada tab browsernya (kabur).

3. Melakukan Pembajakan
Jelas yang namanya copy paste sama dengan melakukan pembajakan karena sobat tidak mempunyai izin untuk mempublikasi karya orang lain tanpa mencantumkan nama si pemiliknya.

4. Merugikan orang lain
Merugikan orang lain terutama si pemilik asli kontennya, karena karyanya yang jiplak tidak disertakan link ke tautan sumbernya.

5. Penjara
Bisa menjebloskan sobat ke penjara, kenapa bisa? karena telah melakukan pembajakan dan sanksi hukuman pembajak adalah 5 tahun penjara.

Itulah 5 hal kerugian yang akan ditanggung oleh si copaser terutama copaser yang tidak pernah menghargai karya orang lain (tidak pernah menautkan link). Namun kenapa yang no 5 lebay banget? masa cuma karena copas postingan aja di penjara? hmm... itu ngga lebay lho ya.. jangan main-main sama pembajakan, siapa tau orang yang postingannya sobat copas itu adalah postingan paling berharga (postingan terakhir) karena si penulisnya sudah meninggal dan si keluarga ngga terima dilaporkanlah sobat kepolisi kebetulan keluarganya itu orang-orang berduit semua ditambah lagi salah satu keluarganya ada yang angkatan.! Waaaaa..! silahkan menanggung derita cuma gara-gara copas postingan, yang menurut sobat sepele.

Biasanya copaser paling banyak adalah blog yang membahas tentang berita, hal-hal unik, aneh (maaf) dan sebagainya yang tidak jauh dengan berita, kenapa saya bilang paling banyak diblog yang memiliki konten seperti itu? karena berita tidak mungkin didapat dari pemikiran sendiri atau filing, pasti dia dapat dari tkp sementara kita sendiri tidak mungkin keliling-keliling cari berita-berita ya kan? jadi, disitulah terjadi copy paste.
Sementara itu konten berita lah yang paling banyak dicari orang namun paling sulit untuk dibuat sendiri.


Tips untuk melakukan copy paste yang benar :

1. Edit Judul
Editlah judul dari judul aslinya namun tidak menghilangkan arti dari judul sebenarnya, agar keyword tidak sama dan memudahkan untuk menempati posisi yang bagus di search engine
2. Edit Isi
Editlah isinya agar si mbah google tetap ramah dengan blog anda, dan pengunjung tidak mudah bosan dan cepat kabur
3. Optimasi
Lakukan optimasi agar keyword anda tidak ditendang sana-sini
4. Tautkan link sumber
Yang paling penting tautkan link sumbernya, untuk menghargai karya orang yang kita copas
5. Live link
Terkadang saya aneh juga kenapa blogger yang copy paste susah banget nyantumin live link, padahalkan ngga rugi kan? malah sangat untung copaser dapat postingan baru.

Dan cukup sekian pembahasan tentang copy paste, mudah-mudahan sobat bisa lebih menghargai karya orang lain, atau bahkan menjauhi yang namanya copy paste. :-)

BERANTAS PEMBAJAKAN DARI NEGERI KITA INDONESIA.



Kritik, masukan, cacian, makian, hinaan..
Kirim ke Se.avancee@gmail.com

Comments for this entry

Cek Info

PERTAMAXXX, aman

Lintaslirik.blogspot.com

hidup blogger copaser...........

Cek Info

bisa ajarin edit from komen gk mas maaf y ngebut ane OOT

Rama88

weewww,,, jaringan ane payah,, mau PERTAMAX malah KETIGAX,, -___-..

Blog SEO

copy paste sama sama seperti menyontek dalam pelajaran baik ulangan maupun latihan soal. Jika udah terbiasa nyontek, pasti terbiasa pula copy paste, susah dihilangkan. :D

Rama88

hmhmmm sejauh ini sih alhamdulillah isi konten di blog ane 90% hasil pemikiran sendiri,, gak munafik sih semua blogger pasti ada copas artikel, termasuk ane juga, hiks, hidup blogger indonesia, "budayakan copas menjadi sesuatu yg langkah di bumi pertiwi ini" (kata yg suka copas lho) ahahhahahasekk.. :D

Liandri eko

wah yg no 5 menyeramkan juga y bisa sampe di penjara.

SHUDAI AJLANI (dot) COM

Yap benar! Berusaha kreatif lah kalo jadi blogger B)

Bisnis Online Blog

sangat setuju sekali, kreatif dan ori

wid

semua blogger hampir pasti pernah melakukan copas,kalau ada yang bilang tidak,preeettt..gombal..hanya saja mungkin intensitas copasnya saja yang berbeda serta kemauan belajarnya saja yang beda...

tapi setidaknya trik untuk copas seperti yg di tulis oleh narablog sudah cukup baik...tapi jangan lupa,walaupun copas belajarlah untuk tetap menguasai topik,jadi ketika di ajak discuss tidaka akan mengalami gagap topik..ha..ha..ha..betul tidak gan?

Putra Tenzhung

@ Lintaslirik : ckckck.. paling ngga bisa menautkan link sumbernya :)

@ Cek Info : Edit gimana maksudnya? form komen?

@ Daw Xp : Iyaa sobb.. justru itu mereka yang terbiasa copaser harus membiasakan diri untuk tidak mencontek :D

Kopiah Putih

Copy paste???
Saya suka kok!
Tapi saya tetap mempertahankan sumbernya..

Katanya itu boleh.
Maish bodohkanh saya?

Putra Tenzhung

@ Rama88 : iya blog ane sendiri juga masih belum bersih dari konten copas (5%),, haha

@ Liandri eko : iyaa sob.. coba aja searching, banyak cerita konyol cuma gara2 copas :D

@ SHUDAI AJLANI : hahaha copaser juga kreatif, kreatif mencontek :P

Putra Tenzhung

@ Bisnis Online Blog : :D

@ wid : Pastilah..! semua blogger pasti pernah copas !

iyaa betul, kalo cuma meng-copas tapi ngga ngerti isinya itu sama aja dia nyemplungin dirinya kesumur :P , soalnya kalo nanti banyak pertanyaan, trus dia ngga bisa jawab maka skak mat lah dia :) haha

@ Kopiah Putih : itu bagus sekali masbro.. yang penting kita bisa menghargai karyanya orang lain dengan menautkan link sumbernya.

Bisa ente baca no. 1

Si Sarap | Artikel Unik dan Ngakak

mending nulis sendiri meski jelek, dari pada kopas tapi bagus. I HATE COPAST.

Shinobi

setuja sobb.. dengan yg Anda tulis diatas... !!
apa enaknya sih copas... mending copy darat mah cwe cantik... hhhaha :P

btw.. yg berputar-putar itu apa sobb...??? apa baling-baling bambunya doraemon... ??? hhe :D

Putra Tenzhung

@ Si Sarap : Iyaaap...! biar jelek yang penting tulisan sendiri.. :D

@ Shinobi : wkwkwk iyaalahh...

hehehe... biasa iseng aja.. productnya bang hendro :D

CIWIEL

copas = bajak
copas + edit = bolelah
copas + edit + link sumber = lebih baik

kopi + susu = uweeeeenak tenan :D

Zh!nTho

wah bagus ini sarannya. . . .sebenarnya aku gak suka kopas tapi kadang2 bingung mau angkat topik apa di postingan yah jadinya kadang2 ngopas dehh

Si Arif

wah mantapp ini,.,nasihat dari sorang master,.,heheheh mantapp

Putra Tenzhung

@ CIWIEL : hahaha :P

@ Zh!nTho : kalo lagi ngga ada idea emang biasanya saya juga lari ke copas, tapi asal menautkan link sumbernya :D

@ Si Arif : ckckck bisa aja..

A-NX

yoyoy sob
copas jgn sampe jd budaya blogger :D

Ummiza

Setuju...

Firdaus45.Blog

lama tak jumpa kawan ^_^

Putra Tenzhung

@ A-NX : yoyoy :P Brantasss copaser!! wkwk

@ Ummiza : :)

@ Firdaus45.Blog : ^_^ yaa.. long time no see

ismanpunggul

Sebenarnya yang paling parah adalah yang mengakui karya orang lain sebagai karyanya...Kalau sekedar mepublikasikan karya orang lain kayaknya bisa diampuni, karena mungkin dalam dirinya tertanam "sampaikanlah walaupun satu ayat" hahaha.

Cek Info

gk jadi, wkwk :D

btw : tulisan judulny uda ane gedein tu biar jelas :D

Cek Info

kok terselubung kagak d tendang yo?

Putra Tenzhung

@ ismanpanggul : ckckck... itu sih ngga tau malu karya orang diakuin. haha..

@ Cek Info : siip
belum saatnya kali.. :D

Raindra

ahagahag.......ane juga tukang copas mantep euy copas I Like btw ga semuanya :)

Pradisz Wardhana

Haha.. mantapp :D ckckc..

Liandri eko

alhamdulilah ane sekarang usahain konten bikinn sendiri.

ane liatin gambar yang muter2 diatas bikin pusing.

ismiaprial

mwny jgn copy paste ya tp copy susu. :)

ya, stiap org memang py moral yg beda2.

Putra Tenzhung

@ Raindra : haha.. jangan lupa menautkan link sumbernya :)

@ Pradisz Wardhana : ck

@ Liandri eko : baguss.. pertahankan sob..
Itu trik biar pengunjung terhipnosis dan mau berkomentar. hehe

@ ismiaprial : enaak om kopi susu :P

Cek Info

Amin, hmm td habis update tp belum sempat bikin costum post keburu2 ngejar KW soalny :)

Bangjal Dua Tiga

ah ane gini gan,, ane lebih baik nulis sendiri gak ada yang baca dari pada copas banyak yang baca..hehe

lanjutkan blogger..!

Tamu Anda

Budayakan copas wkwkwkwkk

Rahman Al Firous

kayaknya saya pernah liat komen mas Tenzhung di blog org yg Copas dri Blog ini :D

@Cek-Info : ane ada tutornya sob :D Modif Form komentar

Putra Tenzhung

@ Cek Info : Semangat teruus sobb.. kemajuannya banyak ente :D kalo ane inte2 hehe

@ Bangjal 23 : wkwkwk si bangjal udh putus asa gitu aja bang..

@ Tamu Anda : silahkan soob.. :P

@ Rahman Al Firous : Ssstt... jangan bilang2,, ini rahasia kita.. hehe (^^,

Tamu Anda

Bercanda gan xaxaxaxa

eDocument

copas.....copas.....copas......

Bboy Zaid

"singgah gan :) yg blm follow, follow yaw sobat & yg blm tukar link, tukar yu :) silakan curhat dsini sobat ;)"

CahNdeso

Sebuah nasihat yang sangat berguna bagi saya, Gan. Dengan segala rendah hati, saya ini akan menerima bila digelari dengan "copasser", xxixixi... thanks, Bro

Devanoby

oke gan, mantap tips nya..
ane kalo copast selalu ane cantumin sumber nya kok.. :)

mampir balik ya gan.. :)

CahNdeso

Ana mendukung artikel anta, Gus.. baca ini: Adab Copas dalam Dunia Blogging. Thanks

BlogS of Hariyanto

kalau meng-copy untuk menyebar kebaikan maybe masih ada toleransi, asal jangan meng-copy untuk mengeruk keuntungan pribadi dan menindas kreator aslinya.. :)
TIRU-LAH YANG BAIK dan TINGGALKAN-LAH YANG BURUK :)
salam sukses selalu kawan

Musa Khairul Umam

Kalo ane copas artikel biasanya ane juga menyantumkan linknya tuh biar gk dikira asal copas hehehe.....,thanks lah buat sobat yang sudah menasehati para blogger termasuk saya :D

Unggul

SETUBUH say no to PEMBAJAKAN......

ali bloggers

SETUJU GAN, SAYA TERMASUK SALAH SATU BLOGGER YANG PALING GAK SUKA DENGAN PENGKOPAS BODOH, ANEHNYA DIA GAK MAU LAMPIRKAN SUMBER KALAU COPAS, KALAU GAK MAU POSTING DA MIKIR PAKE OTAK GAK USAH NGEBLOG AJA, JANGAN AMBIL KARYA ORANG

Putra Tenzhung

@ CahNdeso : Yaa.. yang penting anda bisa menghargai karya orang lain :D

@ Blogs Of Haryanto : Betuul..! :)

@ Musa Khairul Umam : Seep..! berarti ente masih bisa menghargai karya orang lain :)

Putra Tenzhung

@ Unggul : horee..! :D

@ ali blogger : Iyaa.. ngga tau malu banget yah.. udh posting ngga mikir sama sekali, udh gitu ngga mau menautkan link sumber.. payaahlah

Pio

hukumannya serem ya sobb,,,,,,
jadi ngeriii...

berita dunia

ide untuk menulis postingan terkadang datang dari blog yang lain, jadi tetap harus mencantumkan link sumber... agar tetap menghargai penulis aslinya...

Musa Khairul Umam

Iya dong hehehe...

Algo Wijaya

Emang bener bisa dipenjara ya gan?
Hiiii,,,,
Untungnya sekarang ane udah jarang copas dari blog orang.

Btw nice info gan, LANJUTKAN!!!

Ijal Fauzi

dulu juga saya pernah menjadi copy paster, tapi ngga keseluruhan dan kadang menautkan link sumber. hihi

bang putra, itu kalo bisa yg di post footer muternya jangan terlalu cepet, biar ngga bikin bingung visitor ;) hihihi

kangtok

sy sih kalao lg gk ada ide ya mending gak posting lah, ....
... gk brani lihat baling2 nya.... kpla ku ikut muter !

Putra Tenzhung

@ Pio : iyaa... hehe

@ berita dunia : bagus kang.. memang seharusnya seperti itu

@ Musa Khairul Umam : ehehe

Putra Tenzhung

@ Algo Wijaya : iyaa.. itukan sama aja pembajakan, ane pernah baca duluu hal2 fatal cuma gara2 copas

@ Ijal Fauzi : hehe biar pengunjungan terhipnosis untuk mau berkomentar :P

@ Kangtok : baguss.. kang :D ahahah..

kreativitas ngeblog

artikel yang sangat menggugah sobb, ane juga suka copas tapi linknya tetep saya tautkan :)

Admin

hehhe itu si terselubung yang ngehasilin duit puluhan juta dari copas gimana gan??? :DD

The Great Mbah Dukun

ane setuju gan, apa ruginya sih nyantumin link

Green KLOPERER

Semakin Bodoh point<<nomor satu<...sbnranya ga juga menurut saya,,paling ga,,sbelum saya publish kan udah saya baca dulu baru deh dipublish,,sbranya copas boleh boleh aja asal tetep pke "etika copas" walapun emang banyak juga yg ga cantumin sumbernya,,klo yg kaya gtu baru deh harus di bina***** iya ga sob :) .. n mksh atas tips nya,,,,ditunggu postingannya berikutnya yahhh :)

Kita Sehat

awal jadi blogger ane copas semua sob, coz hanya sekedar ikut-2an negblog, tpi skarng alhadulilah ngak lagi....

Zikir dan Kontemplasi

Posting yang bagus dan bermanfaat,
Mengangkat satu topik disertai solusi.
Saya setuju dan memahami yang sahabat maksud, thanks.

http://zikir.spi-blog.com

Endy

apasih untungnya copy paste..tulis aja apa yang ada dikepala kamu....bukan mengenai bagus atau tidaknya itu konten..tapi mengenai seberapa besar keinginan kamu untuk berbagi pengalaman...

wajar bbila ada yang suka ada yang kurang suka..

kan disinilah keindahannya...perbedaan itu indah..

Bisnis Online Blog

betul sekali, baiknya mencantumkan sumber.Untuk mengangaktifkan di blog ada tutor ga ya sob?

ada berita digital baru dan unik, silahkan di simak.

binkbenk

Wihh..manteb Sob,,Tapi katanya Bloger itu saling Share & berbagi,Jadi kagak apa2 dong Kalau mengCopas atau dicopas hehehe,,,,

Putra Tenzhung

@ binkbenk : boleh broo.. itu semua tergantung dari sudut pandang kita, namun tetap harus menuliskan referensi sumber.

BLOGBEGO

info yang menarik, cuma point 5 sangat berlebihan bagi saya pribadi, kalau saya berfikir simple saja : "content yang sifatnya pribadi nggak usah di posting", terlepas dari setuju atau tak setuju ada copas, karena copas jangan dilihat dari satu sudut pandang saja [orang yang daya ingatnya kuat, cukup membaca saja sudah di copas semua] sekali lagi maaf ini pendapat pribadi :D

Putra Tenzhung

@ BLOGBEGO : Iyaaa semua orang bebas berpendapat broo :)

leoaw

Soal kasih live link, saya rasa si copaser tidak akan mungkin memberi sob. Kalau diberi live link kan ketahuan oleh si pemilik artikel asli.

Eh nggak ada untuk naruh URL ya? Ini blog saya sob http://majuter.us

Manda

thankq share ilmunya sob...mudah mudahan bermanfaat dan dapat berpikir 2 kl sebelum melakukan copas..

Putra Tenzhung

@ leoaw : Walaupun ketawan itu lebih baik soob.. jadi si pemilik tahu kalo artikelnya di copas sama orang yang tau diri

@ Manda : Iyaa.. betul sob :D

Edy Sant

suka sanagat ama artikel ini hhe

Rina As

Kebanyakan yang copas hanya untuk meningkatkan penghasilan adsensenya..
Sulit juga memberantas para copaser, kalau tidak dari kesadaran diri kita sendiri
Nice share agan, salam kenal ya..

Putra Tenzhung

@ Edy Sant : thanks

@ Rina As : iyaa.. buat nyantumin link aja susah bener

Agriculture Product

Setuju ane gan...

Er'end

Benar sob link sumber akan menentukan siapa jati diri kita.Copas mentah-mentah adalah perbuatan yang paling dibenci Tuhan juga manusia.Namun ane juga bingung ketika kita mengambil sumber dari buku atau dari televisi misalnya,apakah kita juga harus menyertakan sumbernya,bukankah itu juga termasuk copy paste meski dengan perubahan bahasa kita.Nach yg jadi bingung ane yang bagaimana yang disebut tulisan ori atau artikel ori itu? Mohon pencerahan yach sob,makasih sebelumnya? Happy blogging.

Putra Tenzhung

@ Agriculture Product : thanks sob.. :D

@ Er'end :menurut ane : kalo misalnya tulisan kita bersumber dari televisi itu wajar (ga nyantumin sumber), tidak usah karena kalau kita cantumin pun ngga bakal ada orang yg bsa review ke sumbernya kan? bgitu juga dengan buku jarang ada orang yg mau beli buku stlah hbis bca sbagian isinya.
buat artikel ori itu sbnernya artikel yg memang bener2 semua isinya dari pemikiran sndiri, namun udah jarang yang kya gtu cuma blog yg bertema curhatan.
blog ini juga sama walaupun ngga copas tapi masih melihat kanan dan kiri.

Ф дфѕдғфдғ Ф

berarti aku juga goblok yaa bin bodoh bin tolol permanen T_T aku adalah copaser sejati yang tak kenal lelah :P

Kaulaweb

wih keren sob,ths sarannya,dan semogam berkenan untuk berkujung ke blog butut saya loh!haha www.logwap.in

Cruzader Blog

wow... syukurlah,, saya bukan Copaser yang bodoh ^^
kunjungan perdana ni...
maksih dah mampir d blog Q,

Penyuluh Perikanan

Oh ya sobat, sekalian saya mau curhat nih, kalau bisa tolong ditanggapi dan kunjungi saya kembali,untuk jawabannya biar saya tahu....
saya juga bingung nih, sebab Blog saya semua di copas oleh blog lain, saya tidak tahu dan bagi saya tidak apa sih...tapi ini benar^ aneh dan nyata, masa semua isi blog saya di copas semua...apa maksudnya, tolong di bantu jawabannya sobat, ini saya minta maaf, meninggalkan Link yang copas blog saya, sekalian tolong dicek kebenarannya,.....
http://suluhminabahari.blogspot.com/
http://suluhminabahari.blogspot.com/view/flipcard

kedua link di atas itu hasil copasan dari Blog saya....tolong beri informasi kepada saya sobat, saya ingin tahu kenapa bisa terjadi, ...tolong nian sobat bantu jawabannya yah..terima kasih sebelumnya.

Mas Ringo

Gila nih... top banget artikelnya.... gwa banget,,, mantaff

Mas Ringo

Ini ga copas juga kan artikelnya. hehehehe

vimax import

celana kesehatan hernia
obat pembesar penis maxman
vagina getar goyang
obat kuat livetra
alat bantu sex wanita penis getar
alat bantu sex wanita penis tempel
penis ikat pinggang
penis mutiara
cobra oil
viberator kapsul
alat bantu sex pria vagina tabung manual
boneka sex full body silikon
alat bantu sex pria vagina pinggul
obat kuat maxman
procomil spray
vimax oil canada
oil black mamba africa
lintah oil papua
vimax asli canada
obat penghilang tato
semenax penyubur sperma
obat perangsang wanita dh2o
obat perangsang wanita viagra cair
permenkaret perangsang sex love
obat perangsang wanita potenzol
obat perangsang wanita blue wizard
obat perangsang wanita sex drop

Leave your comment

Thank you.